Selasa, 09 Oktober 2012

Konseling: Ternyata Mendengar Tak Semudah Kedengarannya!

   Sore tadi tak ada yang istimewa.  Semacam sore yang biasa. Terjebak dengan rutinitas kampus. "Membosankan," pikirku. Aku terlupa, hari ini praktikum konseling pertama. Yah, walau setengah memaksakan diri aku berusaha menikmati suasana kelas. 
    Setelah sejenak basa-basi dosen pengampu menyerahkan kami pada asisten praktikum. Kami dibagi dalam 4 kelompok kecil, lalu kembali dipecah berpasang-pasangan. Untung pasanganku cukup menyenangkan. 
   Yang harus kami lakukan hari ini hanya mendengarkan pasangan kelompok kami bercerita tentang masalahnya. Sekali lagi hanya MENDENGARKAN! "Ini mudah," batinku.
     Then, pindahlah kami ke ruang individual. Aku mendapat giliran bercerita pertama kali. Setelah waktu habis, aku harus bertindak sebagai konselor.
     Dan luar biasa! Aku benar-benar kesulitan menahan diri untuk tak berkomentar. And finally I found that LISTENING ISN'T THAT EASY AS IT'S HEARD! Butuh usaha keras untuk mendengar, hanya mendengar...


                                                                                                         -Luh-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar